Penderitaan itu... ????!!

Pada hari mujur bergembiralah, tetapi pada hari malang ingatlah, bahwa hari malang ini
pun dijadikan Allah seperti juga hari mujur, supaya manusia tidak dapat menemukan
sesuatu mengenai masa depan-nya
Pertanyaan-pertanyaan berikut dirancang untuk membantu kita mengingat pada saat
kesusahan:

(1) Bagaimana cara saya menanggapinya?

(2) Bagaimana seharusnya saya menanggapinya?

(3) Apakah saya mempelajari sesuatu darinya?

(4) Apakah tanggapan saya mencerminkan iman, kasih kepada Allah SWT dan kepada sesama,

(5) Bagaimana Allah bisa menggunakannya dalam hidup saya?

Apa sebenarnya arti jalan yang berliku yang diberikan Allah dalam hidup ini yang perlu
kita pelajari? Pada dasarnya, penderitaan adalah segala sesuatu yang menyakitkan dan
mengganggu. Dalam rancangan Allah, penderitaan adalah sesuatu yang menuntut kita
supaya berpikir. Penderitaan adalah alat yang dipakai Allah untuk membuat kita menjadi
peka dan yang dipakai Allah untuk mencapai maksudNya dalam hidup kita yang tidak bisa
terjadi selain lewat pencobaan dan lewat keadaan yang tidak menyenangkan.
Tentu saja semua penyebab ini tidak terjadi secara sekaligus pada saat yang sama.
Misalnya, tidak semua penderitaan terjadi karena kebodohan kita, karena diri kita,
atau karena dosa. Akan tetapi, memang jarang penderitaan tidak membuat kita menjadi
peka terhadap kebutuhan kita, terhadap kelemahan kita, dan terhadap sikap kita yang
salah yang perlu disingkirkan seperti bagian yang tidak bernilai dalam memurnikan emas

0 komentar: